Hari Raya Idul Adha dan Pemotongan Hewan Qurban di Desa Kampung Ceurih

Kampung Ceurih 10 Juli 2022Pada Tahun ini Hari Raya Idul Adha jatuh pada Hari Minggu tanggal 10 Juli 2022 seluruh umat islam melaksanakan sholat idul adha. Sholat ini bertepatan dengan ibadah haji di Mekkah, karena itu Hari Raya Idul Adha disebut juga dengan Hari Raya Haji atau Hari Raya Qurban karena disunnahkan berkurban bagi yang mampu.

Ini adalah satu momen yang sangat dirindukan. Riuhnya takbir dan tingginya antusias masyarakat, turut meramaikan momen ini. Tawa, canda dan senyum hangat, tampak terlihat dari raut wajah mereka. Membuat suasana terasa nyaman, asri dan penuh kehangatan.

Begitupun juga warga masyarakat Desa Kampung Ceurih setelah melaksanakan sholat idul adha dilanjutkan dengan pemotongan hewan qurban yang bertempat di Meunasah desa. Adapun jumlah hewan qurban yang telah di qurbankan yaitu 12 ekor sapi dan 12 ekor kambing, dengan pelaksanaanya melibatkan warga masyarakat yang di koordinir oleh panitia pemotongan hewan qurban Desa Kampung Ceurih. Setelah hewan qurban di potong kemudian di bagikan kepada seluruh warga masyarakat yang ber penduduk tetap maupun yang berpenduduk sementara serta yang ada di Wilayah Desa Kampung Ceurih.

Berkat hari ini banyak kaum fakir miskin atau keluarga-keluarga kurang mampu, dapat merasakan lezatnya menyantap makanan berbau daging. Dari paling sederhana, seperti sate kambing, sampai gulai daging sapi, bisa mereka nikmati.