Peusijuek Jamaah Haji Gampong Ceurih tahun 2022

Peusijuek Jamaah Haji yang dilakukan oleh masyarakat gampong Ceurih untuk tahun 2022 dilakukan satu minggu sebelum calon jemaah haji dikarantinakan menjelang keberangkatan.  ada yang memulai satu bulan menjelang keberangkatan. Namun kebanyakan 2 minggu sebelum keberangkatan.

Namun demikian, sebenarnya musim Peusijuek Jamaah Haji di Aceh bukan hanya pada saat keberangkatan saja. Pada saat para jamaah pulang kira-kira dimulai minggu terakhir zulhijjah acara peusijuek sudah kembali marak.

Pada saat mau calon jemaah haji akan berangkat di gampong ceurih biasanya mereka yang naik haji dikumpulkan dalam di Mesjid atau di Meunasah (mushalla/surau). Orang-orang gampong datang ke tempat tersebut untuk menyaksikan prosesi peusijuek.

Kebanyakan saat ini dilakukan acara syukuran atau kenduri oleh orang yang akan menunai ibadah haji. Mereka mengundang ahli family, kerabat, orang gampong untuk datang ke kenduri-nya. Sekaligus pada saat itu saling maaf memaafkan. Mohon izin dan minta didoakan agar yang bersangkutan dapat menunaikan haji dengan sempurna sehingga memperoleh haji mabrur.  Pada saat acara kenduri itu, terkadang ada acara peusijuek yang dilakukan oleh kerabat dekat atau ahli family.

Begitu pula ketika mereka pulang setelah menunaikan ibadah haji.

Perbedaannya, bila datang ke rumah orang yang baru pulang menunaikan ibadah haji (pasti) akan mendapat oleh-oleh. Paling kurang minuman wajib orang pulang dari Haji yaitu air zamzam. Bisa jadi kurma, tempat sholat, tasbih atau oleh-oleh lainnya. Tergantung waktu datang. Bila awal-awal sampai mungkin oleh-olehnya lebih bagus dibandingkan dengan yang datang belakangan.

Secara filosofi, peusijuek saat mau berangkat lebih untuk didoakan dan saling maaf memafakan agar haji mabrur. Ketika pulang lebih dimaknai sebagai ucapan selamat karena sudah melaksanakan atau menunaikan rukun Islam yang kelima.

Semoga mereka yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini mampu melaksanakannya dengan sempurna sesuai yang disyariatkan. Semoga semua menjadi Haji Mabrur, Amin