Kenduri Nuzulul Qur’an bulan Ramadhan

Rapat gampong Ceurih mengenai perencanaan kenduri 17 ramadhan gampong ceurih ulee kareeng banda aceh.

Kenduri Nuzulul Quran di bulan Ramadhan oleh masyarakat Aceh dilakukan dengan cara berbuka puasa bersama di malam pertengahan atau akhir Ramadhan.

Peringatan Nuzulul Qur’an sebagai momentum memperbaiki diri. “Peringatan Nuzulul Qur’an Tahun 1443 H/ Tahun 2022 Masehi yang kita selenggarakan ini, hendaknya dapat dijadikan momentum untuk memperbaiki, meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan kita terhadap ajaran Al-Qur’an”

hikmah yang utama dari Peringatan Nuzulul Qur’an adalah bagaimana seorang hamba yang terus berusaha dan berupaya menjadi orang yang la’allakum tattaqun, sudah barang tentu kita harus bisa mengambil hikmah positif dari peristiwa tersebut yang mana peristiwa Nuzulul Quran adalah sebuah momentum perubahan besar bagi ummat islam yang dulunya kita hidup tanpa aturan. dengan adanya Al-Qur’an menjadi pedoman kita dalam setiap aspek kehidupan. Sehingga dengan berpedoman dengan Al-qur’an In syaa Allah hidup kita akan lebih bermakna.

Masakan yang menjadi ciri khas makanan ini adalah kuah Beulangong atau kari daging sapi.

Kuah Beulangong adalah masakan khas Aceh Besar berupa daging sapi dan kambing dengan campuran aneka bumbu, serta sayuran buah nangka mentah yang dimasak dalam kuali besar (beulangong).

Memasak Kuwah Beulangong atau kari khas kuliner Banda Aceh atau Aceh Besar sudah menjadi tradisi warga Gampong Ceurih, Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh saat bulan puasa memperingati Nuzulul Quran. Warga secara bergotong royong memasak kuwah beulangong

Kemudian setelah masak kuwah beulangong langsung dibagikan kepada seluruh warga secara merata terutama Fakir Miskin “Masak kuwah beulangong setiap bulan puasa untuk memperingati Nuzulul Quran sudah menjadi tradisi secara turun temun sejak dulu di gampong Ceurih.

Selain hidangan menu kuah beulangong, tak sedikit pula warga menyumbakan makanan hasil olahan rumahan dengan mengantarnya langsung ke masjid ataupun mushalla tempat diadakannya tradisi kenduri Nuzulul Quran.