PEMBINAAN ADMINISTRASI PKK GAMPONG CEURIH KOTA BANDA ACEH

Dalam rangka  pembinaan sekaligus memberikan masukan serta mengevaluasi perkembangan tertib administrasi, TP PKK Gampong Ceurih, Tim Penggerak PKK Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh memeriksa  Tertib Administrasi TP PKK  Gampong Ceurih, bertempat di Balai PKK Gampong Ceurih, Rombongan Tim Penilai Lomba Tertib Administrasi  Administrasi dipimpin langsung oleh Ny. Rizal Abdillah.

selaku Ketua TP PKK Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh menjelaskan, maksud dilaksanakannya Lomba Tertib Administrasi TP PKK yaitu untuk melaporkan gambaran umum yang menyeluruh terhadap pelaksanaan kegiatan 10 program pokok PKK yang telah dilaksanakan. Adapun tujuannya untuk mewujudkan suatu keluarga yang sejahtera, maju dan mandiri.

Letak geografis Gampong Ceurih  jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 1084 serta 33 Dasawisma.

Untuk program kerja di Pokja I sendiri yaitu pemantapan kerukunan dan toleransi antar umat beragama, peningkatan kesadaran tiap warga negara tentang penghayatan dan pengamalan Pancasila, kesadaran bela negara, pencegahaan kekerasan dalam rumah tangga (KDKRT), pencegahan perdagangan orang (trafficking), pembentukan bina keluarga lansia, dan PIK Keluarga, terang Ny. Rizal Abdillah.

Sementara untuk Pokja II mempunyai program kerja yaitu peningkatan pendidikan dan keterampilan keluarga, pelaksanaan dan pengembangan kegiatan program Bina Keluarga Balita (BKB), meningkatkan kelompok dan kualitas Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, memotifasi keluarga tentang manfaat koperasi, serta pengembangan PAUD.

Pokja III memiliki program meningkatkan keanekaragaman tanaman, menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi makanan beragam, bergizi, berimbang (3B), menggerakkan pemanfaatan lahan perkarangan, pemantapan gerakan halaman asri, memasyarakatkan rumah sehat, dan pelaksaan program nasional gerakan perempuan tanam, tebar dan pelihara pohon.

Sedangkan Pokja IV mempunyai program kerja meningkatkan tujuan pembangunan Millenium Development Goals (MDG’S), meningkatkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), mengembangkan dan membina pelaksaan kegiatan posyandu, serta tanam dan pelihara pohon dalam rangka mewujudkan kelestarian lingkungan.

Berkaitan dengan produk unggulan yang telah ada di Gampong Ceurih Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh yaitu Home Industri kelapa gonseng,menjahit,bordir,kue basah dan kering,usaha kopiah,usaha pembuatan bubuk kopi,usaha ikan kayu yang berada di empat Dusun , terang Ny. Rizal Abdillah.

Dalam kesempatan tersebut Drs.H.Mustafa Ab Keuchik Gampong Ceurih menyatakan keikut sertaan TP PKK Gampong Ceurih Kecamatan Ulee Kareng dalam hal ini, apakah bisa meraih juara atau juara itu bukan menjadi suatu tujuan. Lewat kegiatan ini tentu sangat bermanfaat dan bernilai positif dalam rangka mewujudkan suatu keluarga yang sejahtera, maju dan mandiri.

Ditambahkan , sebelum dilaksanakan lomba, terlebih dahulu telah dilaksanakan pembinaan dan persipaan yang berkaitan dengan lomba ini. ”Dengan ikut lomba ini, tentu saja, menurut saya mempunyai kepuasaan tersendiri, jika ada kekurangan segera dilengkapi,”terang Pak Mustafa.

Sementara ketua TP PKK Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh Ny Rizal Abdillah  bersama rombongan melakukan pembinaan dan mengecek sejauh mana tertib administrasi PKK Gampong Ceurih Kecamatan Ulee Kareng  Tentunya agar aktifitas di wilayah nya berjalan lancar.Ibu TP PKK Gampong Ceurih Ibu Mardiana  menjelaskan, maksud dilaksanakannya Lomba Tertib Administrasi TP PKK yaitu untuk melaporkan gambaran umum yang menyeluruh terhadap pelaksanaan kegiatan 10 program pokok PKK yang telah dilaksanakan. Adapun tujuannya untuk mewujudkan suatu keluarga yang sejahtera, maju dan mandiri.